Selayang Pandang

Selayang Pandang

Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pada pasal 3 mengamanatkan Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Upaya mencapai tujuan tersebut harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, masyarakat dan swasta.  

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat melalui upaya mengembangkan sikap dan tekad kemandirian dalam diri manusia, keluarga dan masyarakat dalam suasana sejahtera lahir batin serta sehat, cerdas, produktif dan mempunyai daya saing tinggi.

 Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai penanggung jawab di daerah berkewajiban menyediakan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi pengembangan pelayanan kesehatan yang bersifat “Public Goods“. Dengan demikian pemerintah bertugas mengatur, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata, berkualitas dan terjangkau, menggerakkan peran serta masyarakat dalam pembangunan  kesehatan, dan menyediakan fasilitas dan sumber daya  kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat sebagaimana diamanatkan amanat Undang-Undang Dasar 1945, perda penyelenggaraan kesehatan dan semangat reformasi kesehatan. Hal ini agar dapat menjamin upaya pembangunan kesehatan yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Purwakarta mengacu kepada  prinsip dasar dalam menjaga kesehatan masyarakat  sesuai dengan RPJMD Kabupaten Purwakarta yaitu: pait getih pahang tulang, jauh tinu balai, parek kana rejeki, ginulur karahayuan, ginanjar kawilujengan.

 Hal ini berarti :

  • PAIT DAGING  PAHANG TULANG = mulus awak,  langka katerap panyakit
  • JAUH TINU BALAI, PAREK KANA REJEKI = jauh tina  cocoba,  digawe segut, deukeut kana rejeki,
  • GINULUR KARAHAYUAN, GINANJAR KAWILUJENGAN= hirup pinuh kabagjaan sarta kasalametan

 

Ungkapan diatas mengandung pengertian bahwa ”dengan sehat maka menjadi produktif, sukses dan bahagia”.  Sehingga pembangunan kesehatan istimewa di Kabupaten Purwakarta akan terwujud  “Walagri saeusi nagri Waluya sakumna rahayat mapag nagri punjul digjaya salawasna Purwakarta istimewa”.